Event

ODM, Persembahan Undip untuk Diponegoro Muda

ODM, Persembahan Undip untuk Diponegoro Muda
Publikasi ODM Undip dan ODM FT (Sumber : https://www.instagram.com/odmftundip/?hl=en , https://www.instagram.com/odmundip/?hl=en)

Semarang, Momentum- ODM (Orientasi Diponegoro Muda) diadakan guna menyediakan wadah bagi para mahasiswa baru untuk dapat mengenal lingkungan kampus melalui rangkaian kegiatan yang ada. ODM terbagi menjadi dua, yaitu ODM tingkat universitas dan ODM tingkat fakultas.

Kegiatan ODM di Fakultas Teknik Undip telah dilaksanakan pada Senin (16/8/21) yang akan diikuti dengan kegiatan ODM Undip seminggu setelahnya (22/8/21). Berdasarkan pengakuan saudara Ridho (13/8/21) selaku ketua ODM FT 2021, seluruh persiapan telah selesai dilakukan pada H-3 pelaksanaan. Sementara itu, ODM Undip sedang dalam proses finishing. “…Persiapan ODM Undip 2021 sudah mulai memasuki proses tahap akhir finishing untuk dapat dipersembahkan kepada Diponegoro Muda,” jelas Ichwan, ketua ODM Undip 2021 pada Minggu (15/8/21).

Socio-technology diangkat menjadi tema pada ODM Undip tahun ini. Dengan tema ini, diharapkan Diponegoro Muda dapat secara cerdas dan lebih siap lagi dalam menyikapi berbagai perubahan zaman di era digital saat ini, sehingga Mahasiswa Baru mampu menjadi sosok karakter yang tangguh, cerdas, dan adaptif. Sementara Fakultas Teknik tahun ini mengangkat tema Eco Industry. Dengan tema tersebut, diharapkan dapat membuka pandangan dan mempersiapkan mahasiswa FT yang terdiri dari 12 jurusan secara keseluruhan untuk menjadi calon engineer yang mampu bersaing dalam industri tanpa melupakan kewajiban untuk melestarikan lingkungan.

Empat nilai utama yang diangkat pada ODM Undip 2021 yaitu Humanity, Morality, Sustainability, dan Think Globally. Empat nilai utama tersebut diwujudkan melalui program maupun mata acara utama. Dimulai dari kegiatan Pre-event , Dipo Creativity, Digital Project, Gagasan kreatif hingga persembahan pada Hari-H. ODM FT mengangkat empat nilai, yaitu adaptif, inovatif, berintegritas, dan global.

Dalam kegiatan ODM FT 2021, terdapat highlight utama yaitu gelar wicara yang mengangkat 2 (dua)  materi utama, yaitu ecological footprint dan green microgrid. Ecological footprint, artinya suatu cara untuk membandingkan konsumsi dan gaya hidup, dan memeriksa kemampuan alam untuk menyediakan konsumsi. Sedangkan green microgrid, artinya cara-cara menyediakan energi yang efisien, berbiaya rendah, meningkatkan ketahanan lokal, serta meningkatkan operasi dan stabilitas jaringan listrik regional.

FT Undip tetap mengusahakan untuk memberikan yang terbaik kepada mahasiswa baru dengan menampilkan berbagai kegiatan yang edukatif, menarik, dan menyenangkan. Setelahnya, saudara Ridho juga mengutarakan harapannya dalam kegiatan ODM FT ini yaitu mahasiswa baru dapat lebih mengenal Fakultas Teknik Universitas Diponegoro serta membangkitkan kesadaran kepada mahasiswa baru untuk lebih aktif berperan dalam melestarikan lingkungan. Selain itu, meskipun pandemi tak kunjung berakhir dan belum dapat bertemu secara langsung antara satu sama lain, mahasiswa baru tetap dapat merasakan euforia keseruan dari seluruh rangkaian acara ODM FT 2021 ini.

“Harapan saya yakni ODM UNDIP 2021 menjadi wadah kolaborasi dalam mewujudkan kreasi dan karya untuk menyambut para Diponegoro Muda. Tidak hanya itu, kami juga berharap kegiatan ini dapat berjalan sesuai timeline kegiatan yang sudah ditetapkan sehingga proses penanaman nilai-nilai dan agenda kaderisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, Diponegoro Muda mampu menjadi generasi yang COMPLETE sesuai dengan profil lulusan dari UNDIP guna memajukan bangsa Indonesia,” tutup Ichwan.

Penulis: Vania dan Fiqoh

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Mas Mba Teknik 2021, Lebih dari Sekedar Beauty Pageant Biasa

adminSeptember 10, 2021

Semarak Kemeriahan ODM Undip di Tengah Pandemi

adminSeptember 1, 2021

Geodesi Jadi Jawara Final POR FT Undip 2021

adminJune 7, 2021

POR FT UNDIP 2021, Lebih Seru Dari Tahun Sebelumnya

adminMay 28, 2021

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019