Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

Semarang, Momentum – Pada tahun 2020 lalu, masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa bagian selatan dibuat was-was karena banyak berita terkait tsunami yang diakibatkan oleh gempa Megathrust. Berita-berita tersebut didasarkan pada jurnal ilmiah yang dikeluarkan oleh para peneliti tentang potensi gelombang tsunami setinggi 20 meter di Jawa bagian barat (Provinsi Banten dan Jawa Tengah) dan 12 meter di Jawa bagian timur (Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur) akibat gempa Megathrust yang terjadi di selatan Jawa. Potensi tersebut benar adanya karena posisi Pulau Jawa berada di dekat perbatasan lempeng bumi. Akan tetapi, tentang waktu kapan terjadinya tsunami tersebut tidak bisa diprediksi.

Menyikapi hal tersebut, mahasiswa PKM Undip yang berasal dari Departemen Teknik Geodesi dan Fisika memodelkan bagaimana tsunami tersebut melanda Desa Karanggadung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Mengacu pada buku risiko bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dengan memanfaatkan data Digital Elevation Model Nasional (DEMNAS) dan data penggunaan lahan dan data ketinggian tsunami yang telah diteliti pada 2020, mahasiswa PKM Undip dapat memodelkan jangkauan daerah terdampak tsunami dan menghasilkan peta daerah jangkauan daerah terdampak tsunami. Selanjutnya, dengan mengacu pada peta jangkauan daerah terdampak tsunami tersebut, dapat dihasilkan peta jalur evakuasi untuk dijadikan acuan evakuasi saat terjadi tsunami.

Pada Sabtu (21/08/21), mahasiswa perwakilan tim PKM melakukan edukasi kepada anggota karang taruna Desa Karanggadung. Edukasi ini bertujuan agar anggota karang taruna Desa Karanggadung mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan ketika terjadi bencana tsunami untuk nantinya dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat desa. Pada kesempatan tersebut, tim PKM juga menyerahkan peta jangkauan daerah terdampak tsunami, peta jalur evakuasi, dan buku pedoman mitigasi bencana tsunami kepada karang taruna Desa Karanggadung. Dengan adanya program PKM tersebut, masyarakat desa tentu menjadi lebih siap dalam menghadapi bencana yang tidak dipresiksi kapan terjadinya.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021

Banyak Limbah di Sungai: Mahasiswa KKN Undip Membuat Creative Design TPS Sementara

adminAugust 9, 2021