Prestasi

Fakultas Teknik Berbangga (Lagi)

Fakultas Teknik Berbangga (Lagi)
Sumber: ig @bemftundip

Semarang – Momentum. Fakultas dengan jumlah departemen terbanyak, tak mengherankan jika fakultas teknik selalu kebanjiran prestasi. Dua minggu terakhir ini saja, fakultas teknik mendapat banyak sekali kemenangan dalam tingkat internal maupun nasional. Diantaranya menyabet juara 1 dalam acara Information System Festival, juara 2 Lomba Essai dies natalis Kesehatan Masyarakat ke-18, juara 2 Lomba Vosico 2021, juara 2 Himaki Festival 2.0 2021, juara 2 Lomba Essai Nasional Accer IPB 2021 dan masih banyak lainnya. Bagaimana bisa mereka tetap produktif berprestasi meskipun dimasa online seperti sekarang ini? Mari kita simak penuturan dari tim karya tulis ilmiah Lomba Vosico 2021.

Lomba Vosico (Volcano Scientific Competition) 2021 merupakan lomba karya tulis dan essai nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Jadi, tim ft kita ini bersaing dengan tim perwakilan universitas se-Indonesia yang kemudian diambil 10 besar untuk maju ke babak presentasi hingga penentuan pemenang 1,2, dan 3. Tim ft kita ini terdiri dari Gita Putri Prastiwi dari teknik kimia 2020 sebagai ketua, dan 2 rekannya Azlya Luke Nur Ahlina dari teknik kimia 2020 dan Yang, Felicia Shannen Santoso dari teknik kimia 2019. Mereka mengajukan diri sebagai delegasi untuk CESTR, salah satu biro yang ada di teknik kimia yang fokusnya ke riset. Tim mereka ini terbentuk via chat line dan prestasi ini adalah prestasi pertama mereka sejak menjadi tim. “Jadi, dari awal kami sudah menentukan timeline dan jobdesc apa saja yang akan dilakukan dan siapa yang ingin menghandle nya, lalu tiap minggu kami bisa tanyakan lewat chat atau via teams untuk membahas progress atau kendala yang ada. Dimasa online sekarang ini kuncinya adalah komunikasi”, terang Gita-ketua tim.

Kemenangan mereka ini tak lepas dari judul ide karya tulis ilmiah yang mereka bawakan yaitu “Biodegradable Plastic Berbasis Pati Umbi Ganyong dengan Pemlastis Gliserol dan Pengisi CaCO3 sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Pencemaran Lingkungan”. Kebrilianan ide mereka ini didapat dengan bimbingan dosen Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.T., yang mana beliau merupakan dosen teknik kimia yang fokusnya ke pangan. Tetapi dibalik semua itu, kendala selama penyusunan karya tulis ilmiah tersebut tetap ada. “Untuk kendala pasti ada, karena sekarang juga masih online yang mana susah untuk komunikasi dan tatap muka, ditambah kami ada kesibukan masing-masing, jadi kami sering terkendala dalam memilih jadwal untuk membahas progressnya”, aku Gita.

Jadi, meskipun terkadang ada beberapa kendala dalam penyusunan karya tulis ilmiah tersebut, mereka setim tetap berusaha melakukan progressnya masing-masing. Dengan demikian walaupun jarak memisahkan tapi kesemangatan mereka untuk menang sama besarnya sehingga tercapai lah cita-cita bersama mereka menjuarai lomba ini. Kesemangatan berprestasi inilah yang patut dicontoh seluruh mahasiswa terkhususnya mahasiswa teknik yang lain. “Buat teman-teman semua jangan takut untuk mencoba, kritislah dalam menganalisis peluang yang ada, karena di sini kita juga diuntungkan dengan keadaan online yang memudahkan aktivitas kita. Kalo kita gak mencoba peluang itu sekarang, lalu kapan lagi? Kesempatan kan gak datang dua kali, jadi jangan sia-siakan aja peluangnya. Semangat!”, ucap Gita menyemangati.

Penulis : Anggi

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Undip Goes To Pimnas-34

adminOctober 6, 2021

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

adminAugust 24, 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

adminAugust 19, 2021

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

adminAugust 17, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021