Event

Mas Mba Teknik 2021, Lebih dari Sekedar Beauty Pageant Biasa

Mas Mba Teknik 2021, Lebih dari Sekedar Beauty Pageant Biasa

Semarang, Momentum- Mas Mba Teknik 2021 merupakan rangkaian acara yang diusung oleh Bidang Minat Bakat dan Kegemaran BEM FT Undip 2021. Ajang Pemilihan Mas Mba Teknik ini diikuti oleh delegasi mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik. Para peserta berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dari segi pengetahuan dan juga bakat. Mereka dilatih untuk berpikir kritis serta mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri secara maksimal.

Para peserta dari delegasi 12 jurusan di FT berkesempatan untuk berkolaborasi dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk malam puncak pada Sabtu (27/08/21). Mereka dituntun untuk menumbuhkan jiwa-jiwa humanis dan pikiran kritis dalam mencari solusi terhadap masalah maupun isu yang ada dalam lingkup universitas khususnya FT. 

Di tahun pertama ini, Mas Mba Teknik 2021 pada urutan pertama adalah Juan Daniel dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) 2019 dan Maudy Widya Putri dari jurusan Teknik Lingkungan 2020. Sedangkan Manullang dari jurusan Industri dan Eva Noor Fitriana dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) menempati juara kedua. 

Walaupun baru diadakan pada tahun ini, acara ini sudah menuai perhatian dari berbagai pihak. Begitu juga dengan para pemenang yang cukup terkesan dengan adanya acara ini. 

“Karena saya rasa kesempatan untuk menjadi representasi fakultas merupakan sebuah peluang besar untuk memenuhi tujuan saya yaitu to bring out the best out of me during the college life,” tutur Maudy. Walaupun pada awalnya hanya ditunjuk komting untuk menjadi perwakilan jurusan, Juan Daniel mengakui bahwa acara ini melebihi ekspektasinya. Ia menuturkan bahwa acara ini lebih dari sebuah beauty pageant biasa. Ia menikmati prosesnya, berkembang dan mampu mengikuti acara ini dengan baik hingga akhirnya menjadi juara. 

“Tujuan awal aku mau ikut acara ini pun tidak menargetkan untuk juara, tapi lebih ke menyebarkan keresahan yang aku lihat di FT dengan harapan siapapun yang menang nanti bisa menyuarakan keresahan tersebut. Yaa sederhananya bersihkan humanis dan realistis aja sih,” jelas Juan.

Dalam kegiatan ini, Juan dan Maudy mengaku bahwa mereka mendapatkan banyak ilmu, relasi dan pengalaman. Salah satu rangkaian acara ini yaitu mereka diberikan challenge untuk berdiskusi dan membuat video persembahan dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini dapat memberi mereka kesempatan untuk memahami perspektif lain dari peserta lainnya terkait suatu isu yang terjadisekaligus berlatih mengutarakan pendapat di depan orang banyak.

Para pemenang yang terpilih nantinya akan menjalankan program kerja secara bersama-sama. “Untuk saat ini saya masih menantikan program kerja yang akan saya jalankan ke depannya bersama mas dan mba lainnya,” jelas Maudy.

Untuk kedepannya, Juan dan Maudy berharap agar mahasiswa semakin termotivasi untuk mengikuti acara Mas Mbak Teknik ini, karena secara tidak langsung acara ini dapat menjadi wadah berkembang  yang sangat efektif selama masa perkuliahan.

Be true to yourself. Show them your worth and just be genuine about who you are. Jangan lupa juga attitude! Dan yang paling penting, pay attention to what is happening around you,” jelas Maudi saat ditanya mengenai tips dan trik dalam mengikuti acara ini.

“Ajang Mas Teknik ini bukan lah sebagai ranah untuk mencari exposure atau hal lain yang memuaskan diri sendiri, namun lebih dari itu ajang ini adalah amanah untuk menjadi perwajahan yang sebagaimana harusnya bagi Fakultas Teknik. Upayakan apapun itu yang menjadi keresahan bersama, suarakan sinergitas yang nyata, dan rencanakan pergerakan yang sesempurna mungkin demi mengimplementasikan Satu Tekad Teknik Jaya,” tutup Juan.

Penulis : Adeline dan Fiqoh

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Semarak Kemeriahan ODM Undip di Tengah Pandemi

adminSeptember 1, 2021

ODM, Persembahan Undip untuk Diponegoro Muda

adminAugust 20, 2021

Geodesi Jadi Jawara Final POR FT Undip 2021

adminJune 7, 2021

POR FT UNDIP 2021, Lebih Seru Dari Tahun Sebelumnya

adminMay 28, 2021

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019