Isu

Nadiem: Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Kuliah Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Tanggapan Fakultas Teknik?

Nadiem: Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Kuliah Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Tanggapan Fakultas Teknik?

Semarang, Momentum – Menteri Nadiem Makarim mengatakan, bahwasannya daerah dengan kebijakan terbaru Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 untuk perguruan tinggi sudah diperbolehkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka namun, tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. “Yang boleh melakukan tatap muka adalah semua perguruan tinggi yang berada di wilayah PPKM Level 1-3, itu boleh dan vaksinasi tidak menjadi kriteria, harus menunggu vaksinasi dulu untuk boleh” ucap Nadiem Makarim. Nadiem mengatakan bahwasannya opsi pembelajaran tatap muka sudah diatur di dalam surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri tentang panduan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Melanjuti informasi terkait pembelajaran tatap muka (PTM), kami mewawancarai Bapak Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, ST, MT selaku Wakil Dekan 1 Akademik Fakultas Teknik,  terkait kebijakan apa yang akan diambil Rektorat ataupun Dekanat terkait PTM ini. Melihat banyak sekali mahasiswa/i yang sudah gelisah dan bertanya-tanya tentang kapan kuliah offline akan dilaksanakan, karena banyaknya mahasiswa yang sudah jenuh dengan kuliah daring. Kami sempat bertanya apakah dari Undip ada perubahan terkait peraturan yang telah dikeluarkan, sebelumnya? karena didalam peraturan sebelumnya SK Rektor terkait pembelajaran semester ganjil ini dilaksanakan full secara daring. “Sampai hari ini belum ada kebijakan dan perubahan dalam peraturan dari Undip, lebih baik kita menunggu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut, karena kami bagian dari Undip maka Fakultas harus menunggu keputusan dari Undip terkait kebijakan yang akan diambil, dan tidak boleh melangkah sendiri” tutur Pak Siswo. Berdasarkan jawaban yang diberikan oleh Wakil Dekan 1 Akademik, Pak Siswo, kita dapat mengambil kesimpulan bahwasannya pihak Fakultas Teknik Undip masih menunggu keputusan lebih lanjut terkait pernyataan dari Mendikbud Nadiem Makarim mengenai perguruan tinggi didaerah wilayah PPKM Level 1-3 sudah dapat menggelar pembelajaran tatap muka.

Penulis : Firman dan Hilmy

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Tindakan Undip dalam Konversi Nilai MBKM

adminSeptember 21, 2021

Laboratorium Terintegrasi FT Undip Sebagai Penunjang Kolaborasi Penelitian Antar Keilmuan Teknik

adminSeptember 14, 2021

Bincang UKT: Mengenal Lebih Dekat Sistem Keringanan UKT Undip

adminAugust 25, 2021

Perspektif Mahasiswa Terhadap Perpanjangan PPKM

adminAugust 24, 2021

Mengebiri KPK, Menyingkirkan Perannya dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

adminJune 1, 2021

Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tak Kunjung Selesai: Keberlanjutan Permendikbud No 25 Tahun 2020 di Undip

adminMay 27, 2021