Isu

Tindakan Undip dalam Konversi Nilai MBKM

Tindakan Undip dalam Konversi Nilai MBKM

Semarang, Momentum-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program dari Kemendikbud. Program Kampus Merdeka adalah hak belajar tiga semester di luar program studi. Program ini merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Namun, konversi nilai pada program studi masing-masing masih menjadi kendala bagi mahasiswa Universitas Diponegoro.

Sekarang ini Universitas Diponegoro (Undip) menerapkan Students Centered Learning yang berarti mahasiswa menjadi civitas academica seutuhnya dan dosen berperan sebagai fasilitator. Dalam sistem pembelajaran, mahasiswa tidak lagi menjadi subordinat, melainkan pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan dosen dengan pengalaman dan kompetensi memadai. Program-program Kampus Merdeka ini merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan Students Centered Learning ini.

Program Kampus Merdeka memberikan hak kepada mahasiswa untuk dapat mengkonversi kegiatan yang diambil mahasiswa dengan nilai mata kuliah di universitas masing-masing, tidak terkecuali Undip. Namun, menurut penjelasan Hanifa, direktur Akademik dan Kemahasiswaan Undip, ada beberapa kondisi yang memang tidak bisa dilakukan konversi, maka dari itu, perlu disusunnya peraturan rektor tentang MBKM yang akan mengakomodir hal-hal tersebut. “Diharapkan kedua belah pihak saling terbuka untuk mendiskusikan,” tegas Hanifa.

Beliau menjelaskan bahwa draft peraturan rektor tentang MBKM sudah selesai disusun pada Rabu malam (8/9/2021). Termasuk di dalamnya mengatur tentang konversi nilai dari program MBKM agar tetap dapat menjamin tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) di Undip.

Peraturan ini nantinya akan segera diseminasikan kepada seluruh dosen di Universitas Diponegoro dan akan dilakukan pendekatan khusus pada blok-blok permasalahan. Adanya ungkapan ketidakpuasan mahasiswa perihal konversi nilai dari MBKM menjadi catatan bagi Undip untuk dapat segera melakukan pengesahan terhadap peraturan ini.

Penulis : Firman dan Fiqoh

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Di Balik Diskusi Kolaborasi “Undip Cantik”

adminOctober 17, 2021

Road to Kuliah Tatap Muka

adminOctober 6, 2021

Penyerangan Terhadap Nakes di Papua, Pemerintah Harus Segera Mengusut Tuntas

adminSeptember 28, 2021

Laboratorium Terintegrasi FT Undip Sebagai Penunjang Kolaborasi Penelitian Antar Keilmuan Teknik

adminSeptember 14, 2021

Nadiem: Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Kuliah Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Tanggapan Fakultas Teknik?

adminSeptember 10, 2021

Bincang UKT: Mengenal Lebih Dekat Sistem Keringanan UKT Undip

adminAugust 25, 2021