Isu

Road to Kuliah Tatap Muka

Road to Kuliah Tatap Muka

Sumber: https://jateng.tribunnews.com/amp/2021/09/06/

Semarang, Momentum – Menyikapi turunnya Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek No. 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022, maka rektorat Undip turut menurunkan Surat Edaran No. 22/UN7.P/SE/2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ini bisa diikuti oleh mahasiswa domisili se-Semarang Raya dengan ketentuan telah medapat izin orang tua, telah vaksinasi dua dosis serta melakukan pendaftaran di aplikasi SIAP.  Mahasiswa yang telah mendaftar pun akan diseleksi oleh pihak fakultas untuk kemudian disetujui sebagai mahasiswa peserta uji coba. Mahasiswa ini akan mendapat tanda masuk wilayah kampus sebagai bukti peserta uji coba.

Fakultas harus memenuhi ketentuan kondisi kelas untuk PTM serta ketentuan jumlah mahasiswa paling banyak 25% dari satu kelas mata kuliah. Selain itu, fakultas harus menyiapkan fasilitas pelaksanaan protokol kesehatan juga membentuk gugus Covid yang bertugas memonitoring dan memitigasi keadaan. Sedangkan departemen hanya boleh menyelenggarakan empat Matkul disetiap Prodi dengan ketentuan kelas diselenggarakan pukul 07.00 WIB dan harus berhenti pukul 12.00 WIB.

Fakultas Teknik akan mengikuti ketentuan yang ada dalam surat edaran tersebut. Akan tetapi, uji coba PTM ini memang belum bisa dilaksanakan dalam minggu-minggu ini karena masih menunggu koordinasi dan usulan empat Matkul dari masing-masing Prodi untuk dikirimkan ke universitas. Pendaftaran mahasiswa di aplikasi SIAP pun belum dibuka sehingga kemungkinan uji coba ini belum dapat berjalan sampai setelah UTS nanti.

Universitas memang hanya mengharapkan yang terbaik bagi mahasiswa ya. Jadi, meskipun anjuran PTM Kemendikbud telah turun, universitas tidak bergerak terburu-buru bahkan ceroboh sehingga memberi risiko yang besar bagi mahasiswanya sendiri. Semoga kasus Covid di negeri ini segera mengalami penurunan yang tinggi agar uji coba pelaksanaan PTM di universitas kita tercinta bisa berhasil maksimal sehingga kita semua dapat kembali menuju aktivitas perkuliahan yang normal.

Penulis : Anggi dan Vania

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Di Balik Diskusi Kolaborasi “Undip Cantik”

adminOctober 17, 2021

Penyerangan Terhadap Nakes di Papua, Pemerintah Harus Segera Mengusut Tuntas

adminSeptember 28, 2021

Tindakan Undip dalam Konversi Nilai MBKM

adminSeptember 21, 2021

Laboratorium Terintegrasi FT Undip Sebagai Penunjang Kolaborasi Penelitian Antar Keilmuan Teknik

adminSeptember 14, 2021

Nadiem: Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Kuliah Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Tanggapan Fakultas Teknik?

adminSeptember 10, 2021

Bincang UKT: Mengenal Lebih Dekat Sistem Keringanan UKT Undip

adminAugust 25, 2021