Prestasi

Undip Goes To Pimnas-34

Undip Goes To Pimnas-34

Semarang, Momentum – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) merupakan ajang yang sangat dinantikan oleh sebagian besar mahasiswa Indonesia. Pimnas ke-34 akan digelar pada 26-30 Oktober 2021 di Universitas Sumatera Utara (USU) secara luring dan dilaksanakan secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan dengan mengangkat tema “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”. 

Acara ini kembali dilaksanakan dengan menjamu kurang lebih 2.200 mahasiswa dari 100 perguruan tinggi di Indonesia. Dari sekian banyaknya peserta, terdapat total 37 tim PKM yang lolos dan 17 diantaranya yaitu berasal dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. 

“Sebenernya aku nggak narget-in bisa sampe Pimnas di tahun ini karena aku tahun lalu juga mengajukan 2 proposal dan nggak lolos sampe Pimnas. Dan ternyata tahun ini lolos, jadi nggak nyangka banget.” ujar Sadam Arrois salah satu ketua tim PKM-RE dari Universitas Diponegoro.

Melalui judul Pemanfaatan Sereh Dapur (Cymbopogon citratus) Dalam Enkapsulasi Bersalut Alginat Kitosan Sebagai Sumber Kebutuhan Antioksidan,  Sadam bersama 3 orang rekannya, yaitu Fitri Lafifa, Aat Zaki Mubarok, dan Fadlillah Fani berhasil lolos ke Pimnas ke-34 tahun ini. Dalam penelitian ini, serai yang umumnya hanya diseduh akan diubah menjadi bentuk padat dengan proses enkapsulasi. Metode enkapsulasi ini memungkinkan terjadinya perubahan serai ke bentuk padat (serbuk) tanpa mengurangi aktivitas biologis di dalamnya. Serbuk yang dihasilkan akan tahan lama dan memiliki kandungan yang lebih baik bagi tubuh dibanding dengan metode kristalisasi gula yang sudah umum digunakan..

Dalam metode baru di penelitian ini, tentu mereka menghadapi beberapa kendala. Mereka beberapa kali gagal pada saat melakukan proses enkapsulasi sehingga mereka perlu mencari literatur-literatur yang memiliki kredibilitas tinggi. Tidak hanya itu, masa pandemi juga turut memengaruhi dalam hal koordinasi antar sesama tim dan dosen pembimbing.

“… tapi overall, kita tetep bisa melewati kegiatannya karena sebelum pengumuman pendanaan kita juga udah merencanakan dulu apa yang bakal dilakukan,” jelas Sadam ketika ditanya bagaimana menghadapi kendala tersebut. 

Dalam rangka mewujudkan Undip sebagai Universitas riset yang unggul, pihak Universitas memberikan beberapa fasilitas guna mendukung kegiatan penelitian mereka. Sebanyak 192 tim yang lolos pendanaan PKM diperbolehkan menggunakan fasilitas laboratorium di Lab Terpadu. Tidak hanya itu, Undip juga mengadakan ‘Monitoring dan Evaluasi Internal’ atau yang sering disebut dengan Monev. Monev ini dilaksanakan secara berkala agar dosen penanggung jawab PKM bisa mengetahui perkembangan penelitiannya, kendala yang dihadapi, serta memberikan masukkan untuk masing-masing tim.

Dengan adanya Monev ini, secara tidak langsung mereka selalu dituntut untuk selalu berprogres dalam melakukan penelitian ini. “Selain dari Undip, kaya dari BEM sama himpunan gitu juga mereka kaya ngadain monev juga. Jadi secara tidak langsung kita juga merasa memiliki beban (dalam arti positif) tersendiri untuk memberikan yang terbaik dari PKM ini,”jJelas Sadam Berdasarkan banyaknya dukungan yang diberikan berbagai pihak, Sadam dan kawan-kawan berharap agar bisa memberikan yang terbaik buat Pimnas 34 nanti. “Kebetulan kan kalo aku sendiri ini juga taun terakhir buat bisa ikut Pimnas, semoga bisa memberikan yang terbaik. Sebenernya udah bersyukur bangetsih bisa dikasih kesempatan sampai sini, yang penting kita dari tim mengusahakan yang terbaik, kalau masalah hasil itu sudah ada yang mengaturnya. Pokoknya sih intinya semoga tim Undip bisa dapet medali semua,” tutup Sadam.

Penulis : Adeline dan Fiqoh

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Fakultas Teknik Berbangga (Lagi)

adminSeptember 28, 2021

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

adminAugust 24, 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

adminAugust 19, 2021

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

adminAugust 17, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021