Coretan Teknik

Mahasiswa KKN UNDIP Buatkan Booklet Rumah Sehat dan Peningkatan Kualitas RTLH untuk RW 01 Kelurahan Wonoplumbon

Mahasiswa KKN UNDIP Buatkan Booklet Rumah Sehat dan Peningkatan Kualitas RTLH untuk RW 01 Kelurahan Wonoplumbon

Semarang, Momentum – Rumah dapat dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan pokok yang seharusnya dipenuhi setiap keluarga selain sandang dan pangan. Konsep sebuah rumah bukan hanya sebatas bangunan fisik saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat tinggal dalam sebuah lingkungan yang mestinya dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang diperlukan manusia.

Rumah mempunyai standar kelayakan yang sudah ditetapkan, salah satunya adalah aspek kesehatan dari rumah itu sendiri. Rumah yang sehat mampu membuat penghuninya mengembangkan fisik, mental, dan sosial keluarganya.

Berdasarkan data statistik Pemerintah Kota Semarang, terdapat 118 rumah yang termasuk dalam kategori rumah tidak layak huni (RTLH) di Kelurahan Wonoplumbon. Rumah tidak layak huni sendiri merupakan rumah yang tidak memenuhi kriteria atau syarat untuk rumah layak huni yang sudah ditetapkan baik dari aspek konstruksi, luas, kesehatan serta keamanan yang memiliki dampak pada aspek sosial dan ekonomi penghuninya.

Data Statistik RTLH di Kecamatan Mijen
Sumber: Sistem Informasi Geografis Rumah Tidak Layak Huni Kota Semarang, 2022

Dengan kondisi tersebut, Fitria Dwi Febrianti yang merupakan mahasiswa KKN UNDIP dibawah bimbingan Bapak Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng. mengadakan program pembuatan booklet rumah sehat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya warga RW 01 terkait kriteria apa saja yang menjadikan sebuah rumah tergolong dalam kategori rumah sehat serta bagaimana cara meningkatkan kualitas untuk rumah-rumah yang masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (RTLH).

Penjelasan Isi Materi Booklet Kepada Ketua RW 01 Kelurahan Wonoplumbon
Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2022
Contoh Desain Rumah Sehat
Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2022

Booklet “Rumah Sehat & Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni” ini diserahkan kepada Ketua RW 01 Kelurahan Wonoplumbon selaku pemangku tanggungjawab di tingkat RW pada hari Sabtu, 6 Februari 2022. Isi materi dari booklet yang dibuat ini antara lain adalah latar belakang pembuatan booklet, pengertian dan kriteria dari rumah sehat, contoh desain rumah sehat, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, serta perawatan rumah pasca perbaikan atau perluasan rumah.

Program ini tidak berhenti hanya sampai penyerahan dan penjelasan isi booklet kepada Ketua RW 01, akan tetapi juga dilanjutkan dengan memasang poster rumah sehat di beberapa pos kamling yang aktif di wilayah RW 01 pada hari Minggu, 7 Februari 2022 guna sebagai media infografis kepada masyarakat mengingat pos kamling merupakan salah satu tempat yang paling sering digunakan warga untuk berkumpul dan berjaga baik pada siang ataupun ketika malam hari.

Adanya booklet “Rumah Sehat & Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni” ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat setempat terkait kriteria rumah layak huni baik dari sisi kesehatan, rasa nyaman, serta penataan ruangnya. Selain itu juga masyarakat dapat meningkatkan kualitas rumah masing-masing dengan melakukan perbaikan komponen rumah, perluasan area rumah, serta perawatan rumah.

Penulis : Fitria Dwi Febrianti

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Mahasiswi KKN Undip Lakukan Pendampingan Kepada Masyarakat “Kerajaan” Mengenai Bagaimana Menciptakan Penghawaan Ruang Rumah Yang Sehat

adminFebruary 15, 2022

Mahasiswa KKN Tim I Undip Melakukan Pendampingan Mengenai Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kebakaran Dalam Rumah Tangga

adminFebruary 15, 2022

Produk Pangan Hasil Ekstraksi Pektin dari Kulit Jeruk Manis (Citrus sinensis)

adminNovember 1, 2021

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021