Teknik

Sudahkah Anda Mengenal Ormawa FT Undip?

Sudahkah Anda Mengenal Ormawa FT Undip?

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak, yakni sekitar 2.400 mahasiswa lebih menurut data penerimaan bulan Agustus 2015 lalu. Mendukung banyaknya mahasiswa Fakultas Teknik, tidak tanggung-tanggung penggunaan lahannya mencapai lebih dari 1/3 luas kampus Undip yang ada di Tembalang.

Dengan begitu banyaknya mahasiswa Fakultas Teknik tersebut, pemberdayaan terhadap mahasiswa tidaklah cukup jika hanya dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FT), Senat Mahasiswa (SM FT), ataupun Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada. Hadirnya Biro Fakultas Teknik yang ada sekarang ini memberikan warna lebih untuk dapat menampung aspirasi dan minat mahasiswa Fakultas Teknik. Sudahkan anda mengenal Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Teknik?

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT)

Terpilihnya Irfanuddin Faishol (S1 Teknik Sipil) sebagai ketua dan Aria Pradana Wirawan (S1 Teknik Lingkungan) sebagai wakil ketua, maka terbentuklah kabinet BEM FT baru untuk periode 2017. Menurut Faishol, fungsi utama BEM FT maupun lembaga mahasiswa apapun ialah untuk melakukan pelayanan terhadap mahasiswa FT dalam menunjang  proses pendidikan mahasiswa di kampus, tepatnya di luar kelas. Pembagian fokus ke bidang-bidang seperti bidang Kesejahteraan Mahasiswa, Minat Bakat, Pengabdian Masyarakat dan lainnya diharapkan dapat sangat membantu warga Teknik mencapai penyelesaian yang solutif. Pelaksanaan tugas BEM FT tentunya dibantu oleh Himpunan Mahasiswa di masing-masing jurusan dengan total 19 HMJ (Sarjana dan Diploma). Kedepannya Faishol berharap untuk nilai-nilai keteknikan, persatuan, kekritisan dan kepedulian dapat terealisasi bagi segenap warga Teknik.

  1. Senat Mahasiswa Fakultas Teknik (SM FT)

Syahroni Musfar (S1 Teknik Lingkungan) dan Zahid Muhammad (S1 Teknik Mesin), merupakan ketua dan wakil ketua SM FT untuk periode 2017. Senat Mahasiswa (SM FT) merupakan lembaga legislatif dengan empat fungsi, yaitu fungsi pengawasan, anggaran, legislative dan advokasi. Terdiri dari 2 sampai 3 orang delegasi dari masing-masing jurusan di Fakultas Teknik. SM FT melakukan pengawasan dalam pelaksanaan program kerja BEM dan Biro di tingkat FT sesuai dengan GBHK. Fungsi lainnya, advokasi, berupa penghimpunan aspirasi mahasiswa FT dan pelaksanannya pada pihak pengelola FT Undip. Selain keempat fungsi tersebut, SM FT juga bertanggung jawab sebagai pelaksana Pemilu Raya (Pemira) dan Kongres Mahasiswa FT.

3. Biro Teknik

a. Izzati

Berdasarkan etimologinya, Izzati berarti kejayaan. Pemberian nama Izzati menurut Hafizhul Haq Al hamidi (S1 Teknik Perkapalan) ialah agar lembaga ini dapat memberi kontribusi besar kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknik secara umumnya, dan khususnya mahasiswa Muslim agar dapat meraih kejayaan bagi dirinya, bangsanya dan bagi agamanya. Hafiz memiliki visi untuk berdedikasi penuh berdakwah Islam di kampus FT sambil menyetarakan kualitas lembaga kerohanian Islam di masing-masing departemen sehingga bertemu pada suatu titik keharmonisan yang Islami. Izzati akan melaksanakan Engineering Muslim Fair (EMF) 2017 dengan berbagai macam rangkaian acara, dimulai pada bulan September mendatang dan berakhir puncaknya di bulan Desember.

b. PMK FT

Terbentuk sejak tahun 1995, Persekutuan Mahasiswa Kristen Fakultas Teknik (PMK FT) Undip hadir sebagai lembaga yang dapat memberdayakan mahasiswa FT umumnya, khususnya umat Kristiani. Hukamasidhi Yoel (S1 Teknik Mesin) sebagai ketua terpilih periode 2017 memiliki visi agar calon Sarjana Teknik memiliki karakter seperti Kristus dan dapat menjunjung tinggi profesionalisme, didukung tugas-tugas utama PMK FT sendiri dan pembinaanya. PMK FT baru saja melakukan kegiatan perekrutan pada bulan Desember kemarin.

c. PRMK

Pelayanan Rohani Mahasiswa Katolik (PRMK) FT dipimpin oleh Imanuel Galih (D3 Teknik Sipil). Harapan besar dari Galih agar PRMK FT bisa menjadi sarana bagi anggotanya bersama-sama melakukan pelayanan internal dan eksternal. Bermacam-macam kegiatan yang biasa dilakukan, contohnya ibadah Jumat, bakti sosial, ziarah, Misa tahun ajaran baru, retret, peringatan hari Natal, dan juga bulletin.

d. PSMT

Bermula sederhana, Paduan Suara Mahasiswa Teknik (PSMT) yang resmi terbentuk pada 20 Maret 2003 ini merupakan perkumpulan sederhana di jurusan Teknik Lingkungan, lebih dikenal dengan Tim Paduan Suara “Suara Lingkungan (TPS Suling). Aulia Sekar Puspateja (S1 Teknik Mesin) selaku ketua terpilih yang baru berharap untuk PSMT dapat menampung, mengembangkan, dan mewujudkan aspirasi, inspirasi, minat bakat, dan kreativitas mahasiswa Fakultas Teknik di Undip dalam bidang tarik suara. Sejak tahun 2012 hingga saat ini, PSMT menggelar konser Engineering in Harmony (EIH) sebagai acara yang paling dibanggakan. Dan untuk pertama kalinya PSMT akan berjuang di kancah internasional, 4th Singapore International Chorale Festival (4th SICF) pada 12-15 Juli 2017 mendatang. Mari kita bersama mendukung dan mendoakan agar PSMT dapat mengharumkan nama Universitas Diponegoro, khususnya Fakultas Teknik.

e. FST
Forum Studi Teknik (FST) merupakan organisasi yang bertujuan untuk membangun serta mengembangkan iklim riset di lingkukan FT dengan maksud hasil riset mahasiswa bisa diaplikasikan ke masyarakat. Sejarah singkat, FST berawal dari beberapa anggota Izzati yang ingin memiliki forum diskusi belajar agar mahasiswa FT dapat bertukar pikiran mengenai ilmu dari jurusan masing-masing. FST untuk periode 2017 dipimpin oleh Bimo (S1 Teknik Elektro)

f. LPM Momentum

Cerdas, Objektif, dan Terpercaya. Bukan hanya motto dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Momentum, melainkan harapan dari segenap pemberitaan yang Momentum hadirkan ke tengah-tengah mahasiswa Fakultas Teknik. Berdiri sejak tahun  2010, di usia mudanya, Momentum berusaha keras agar segala pikiran dan aspirasi dapat dituangkan dan didengar. Caesar Hergi (S1 Teknik Industri) dan Bryan Pratisia (S1 Sistem Komputer) sebagai Pemimpin Umum dan Wakil Pemimpin Umum berharap agar Momentum dapat dimanfaatkan juga oleh segenap warga Teknik sebagai sarana komunikasi. Sebagai bukti nyata dalam mewujudkan fungsinya, Momentum memberikan wadah Coretan Teknik sebagai wadah khusus bagi warga Teknik untuk menyampaikan aspirasinya dalam bentuk tulisan. Kedepan LPM Momentum akan melakukan recruitment pada awal perkuliahan. Jika anda warga Teknik dan tertarik dalam dunia jurnalistik, silahkan daftar dan ikuti terus perkembangannya melalui laman http://lpmmomentum.com/kontak/.

 

(Momentum/Josua)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018